Cara Membuat Tulisan Yang Enak Dibaca

Cara Membuat Tulisan Yang Enak Dibaca

Oleh: J. Haryadi

Sebuah karya tulis akan bermanfaat jika mendapat apresiasi dari pembacanya. Tulisan yang isinya baik dan penting belum tentu menggugah orang untuk membacanya.

Alangkah sayangnya jika sebuah karya tulis yang isinya penting namun tidak dibaca oleh orang, tentu akibatnya menjadi sia-sia. Oleh sebab itu Anda jangan hanya menulis asal tulis melainkan juga memikirkan agar tulisan anda membuat orang tertarik membacanya. Setelah orang tertarik, pembaca juga merasa nyaman membaca tulisan anda, sehingga mereka terus membacanya sampai akhir.

Berikut ini ada beberapa tips agar sebuah tulisan bisa menarik dan enak dibaca,yaitu :

a. Pergunakan bahasa yang ringan
Pergunakan bahasa populer yang biasa digunakan oleh masyarakat, sehingga mudah dimengerti pembaca. Hindari pemakaian bahasa ilmiah dan istilah asing yang tidak lazim digunakan. Kalau pun ada, pergunakan seperlunya saja. Pemakaian istilah asing yang tidak lazim dan bahasa ilmiah yang berlebihan hanya akan membuat penulis bingung sehingga sulit mencerna maksud tulisan anda. Akibatnya bisa fatal, mereka akan berhenti meneruskan membaca karya anda.

b. Menulis seakan sedang berdialog dengan pembaca
Ketika menulis, anda harus berupaya berpikir bahwa anda sedang berkomunikasi dengan pembaca. Oleh sebab itu anda jangan berpikir dari sudut diri anda sendiri. Ajak pembaca terlibat dalam tulisan anda, seolah-olah mereka sedang berdialog dan membahas isi pikiran kita. Melalui cara ini pembaca merasa seakan-akan dirinya sedang berhadapan dengan anda dan merasa nyaman karena merasa dihargai oleh anda. Jika pembaca sudah merasa nyaman, pasti tulisan anda akan dibaca sampai kalimat yang terakhir.

c. Jangan membuat kalimat yang terlalu panjang
Kalimat yang panjang akan membuat mata lelah dan pikiran cepat jenuh. Usahakan dalam membuat sebuah tulisan, kalimat yang anda buat jangan lebih dari tiga baris harus sudah ketemu titik. Juga paragraf yang anda buat jangan terlalu panjang dan usahakan jangan lebih dari 6 baris. Paragraf yang panjang akan membuat pembaca segan membacanya dan perasaan lelah di mata.

d. Menulis dengan jujur
Jangan menulis ketika hati anda tidak dalam kondisi yang baik. Perasaan amarah yang sedang anda alami bisa berpengaruh terhadap tulisan anda. Kecuali anda sedang menulis curahan hati anda, itu masalah yang berbeda. Oleh sebab itu menulislah dengan jujur, tidak dengan maksud-maksud yang tidak baik. Tulisan yang dibuat dengan jujur dan ikhlas pasti akan mempunyai aura positif bagi pembacanya.

e. Perbanyak kalimat aktif
Kalimat aktif akan membuat tulisan kita terkesan hidup, dan akrab dengan pembaca. Sebaliknya, kalimat pasif akan membuat tulisan kita terkesan kaku dan kurang komunikatif.

f. Fokus pada topik dan jangan melebar
Pembahasan yang fokus dan terarah akan membuat pembaca lebih mudah memahami tujuan tulisan kita. Tidak perlu anda memasukkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan topik bahasan. Jika hal ini dilakukan, pembahasan akan melebar dan keluar dari topik. Akibatnya pembaca menjadi bingung dan akhirnya menjadi tidak tertarik meneruskan membaca tulisan anda.

g. Perhatikan tanda baca dengan benar
Pergunakan tanda baca yang benar. Tanda baca yang tidak tepat dapat merubah makna. Selain itu juga akan membuat pembaca tidak nyaman. Tulisan bagus, tapi tanda bacanya acak-acakan akan menurunkan kualitas tulisan.

h. Beri ilustrasi gambar untuk membantu memperjelas maksud tulisan anda
Jika memungkinkan, tambahkan gambar atau ilustrasi pada tulisan anda agar menarik dan bisa membantu pembaca memahami makna tulisan anda. Gambar yang dimasukkan harus relevan dengan topik yang dibahas, jangan memasang gambar yang tidak ada kaitannya dengan topik tulisan anda.
______________________________________________________________
J. Haryadi adalah salah satu tim pemateri pelatihan menulis Intermedia

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->