Inspirasi Dalam Menulis

Inspirasi Dalam Menulis

“Banyak membaca.” Ya, banyak membaca adalah salah satu tips membuat novel yang ampuh. Stephen king pernah berkata, “Jika Anda tidak punya waktu untuk membaca, maka Anda tidak akan punya waktu untuk menulis.”

Otak Anda ibarat mesin produksi. Bacaan adalah bahan bakunya sedangkan tulisan adalah produk jadinya. Bila Anda banyak membaca maka akan ada banyak tulisan yang bisa Anda produksi. Namun bila Anda sedikit membaca, maka hanya ada sedikit tulisan yang bisa Anda produksi, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Apakah Anda sepakat dengan pernyataan ini?

Ya, dengan banyak membaca, maka Anda punya banyak bahan untuk menulis. Karena Anda punya banyak inspirasi. Untuk menghadirkan inspirasi menulis, Anda harus membaca apa saja. Tidak hanya tulisan yang berkualitas baik, tulisan yang buruk juga mengandung inspirasi.

Ya, di dalam bacaan selalu terdapat inspirasi.

Bila tulisannya bagus, berkualitas dan best seller maka ini jelas, Anda akan mendapat pelajaran yang baik. Dan bila tulisannya jelek, Anda juga bisa mendapatkan pelajaran yang baik, serta inspirasi. Misalnya, setelah membaca sebuah novel yang menurut Anda kurang bagus, Anda berpikir dan berkata, “Tulisan nggak mutu. Namun ceritanya menarik.” tiba-tiba muncul ide di kepala Anda. Dan Anda pun berkata dalam hati, Aku bisa bikin novel yang lebih bagus dari ini.

Nah, begitulah cara inspirasi muncul. Sang inspirasi sangat suka melihat kita membaca yang banyak karena itu adalah umpan yang sangat menarik baginya.

Seorang penulis bernama William Faulkner pernah berkata, “Baca, baca, baca. Baca segalanya: tulisan “sampah”, tulisan klasik, tulisan yang baik dan tulisn yang buruk. Amatilah bagaimana cara mereka menulis. Berlakulah seperti seorang tukang kayu magang yang sedang belajar sama master (ketika membaca dan mengamati tulisan orang lain, peny). Bacalah! Anda akan menyerap banyak pelajaran.”

Dia melanjutkan, “Kemudian beri catatan. Jika itu baik, Anda akan tahu. Jika tidak, buanglah.”

Ya, bacalah apa saja: koran, buku, robekan koran, robekan buku, novel yang best seller, cerpen yang menarik, novel “sampah”, cerpen nggak mutu. Bacalah! Anda akan menemukan banyak cara membuat novel yang baik. Anda akan menemukan banyak pelajaran. Yang baik adalah sebuah pelajaran, yang buruk juga pelajaran.

Apakah Anda sepakat dengan pernyataan ini?

Jadi, setelah Anda mengetahui cara cepat menghadirkan inspirasi untuk menulis novel, apakah Anda siap membaca yang banyak untuk menulis novel yang Anda idam-idamkan?
——————————————————————
http://caramenulisnovel.com/tips-membuat-novel/tips-membuat-novel-cepat-inspirasi.htm

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->