Mengatasi kebuntuan menulis

Mengatasi kebuntuan menulis

Pikiranku buntu, Ide menjadi macet, gagasan untuk menuangkan kedalam tulisan di atas kertas untuk membuat sebuah karya tak juga tersampaikan. Bahkan, seakan pikiran menjadi beku nggak … bisa … menulis … satu … kata … pun. Lantas bagaimana?

Untuk mengatasi kebekuan ide/hambatan menulis (Writersblock) Terdapat beberapa tip yang perlu kita perhatikan agar hal demikian tidak perlu terjadi, yaitu:

1. Jangan panik! Luangkan waktu beberapa menit membaca buku kartun, bagian berisi komik di surat kabar, atau cerita konyol. Hal ini bisa mengahalau kebuntuan pikiranmu dan suasana hatimupun siap untuk menulis.

2. Menulislah dengan bebas. Letakkan ujung pulpen ke atas kertas (atau jemarimu ke atas keyboard) dan tulis apa saja. Bahkan kalau kalimatmu berbunyi “Tolong! Pikiranku buntu, aku nggak bisa ngarang, aku nggak bisa sampaikan gagasan/ide ke dalam tulisan! Tolong! tolong!” teruslah menulis selama 5-10 menit.

3. Lupakan soal tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan semua aturan lain. Kamu bisa memperbaiki hasil karanganmu nanti, bahkan munkin 3, 5 atau 1 minggu kemudian.

4. Salin beberapa paragraf atau halaman dari buku favoritmu. Atau tirukan gaya menulis pengarang favoritmu.

5. Bacakan hasil karanganmu pada cermin, kucing, adikmu yang masih bayi, orangtuamu, atau temanmu. Rekam dengan tape recorder. Lalu, tulis ide utama yang baru saja kau ucapkan dengan keras, atau tuliskan apa saja yang sudah kamu rekam.

6. Gambarlah kebuntuan pikiran yang kamu alami.
Gunakan imajinasimu. Nggak usah pusing dengan bentuk gambar yang kita buat, yang penting gambarlah. Tindakan menggambar ini menjadikan “keseluruhan otakmu” bekerja dan merangsang pemikiran kreatif.

7. Tulis bagian akhir terlebih dahulu. Atau bagian tengah. Kamu nggak harus mula dengan bagian awal. Tapi begitu kamu mulai menulis, akan jauh lebih mudah untuk menulis cerita selanjutnya.

8.Tulis daftar kata-kata dan ide kunci.
Tulislah kata-kata dan ide yang berhubungan dalam bentuk percabangan sekitarnya (mungkin seperti mind mapping)

9. Bergeraklah diseputar ruangan, Regangkan tubuh, Berjalan- jalanlah. Melompatlah sambil merentangkan kaki dan tanganmu. Gerak-gerakkan tangan dan bahumu. Menarilah dan buat kondisi
menjadi rileks.

Untuk menghasilkan sebuah karya monumental, segeralah mencoba trik dan tips ini, semoga berhasil.

(Dikutip dari “buku pintar remaja gaul”_pamela espeland.penulis buku-buku remaja)
————————————————
http://fhitrii-says.blogspot.com/2012/02/10-cara-mendobrak-kebuntuan-saat.html

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->