Menulis Blog

Menulis Blog

Artikel yang sering kita baca di blog-blog di internet memiliki bermacam-macam variasi dan gaya penyajian. Dari segala macam gaya menulis di internet kita bisa menyimpulkan dampak positif maupun negatif yang dirasakan oleh pembaca seperti kita ini.

Salah satu efek negatif adalah isi bacaan tersebut sulit dipahami dan terkesan berbelit-belit. Sedangkan segi positif yang dirasakan pembaca adalah jika kita menjumpai yang mudah dipahami. Hanya dalam sekali membaca kita sudah paham tanpa mengulanginya lagi dari atas.

Artikel yang enak dibaca akan membuat pengunjung blog senang dan ingat terus dengan blog tersebut. Dan orang yang bisa menulis artikel seperti itu merupakan ciri-ciri seorang penulis hebat. Oleh karena itu sempatkan juga anda membaca sebentar tentang 3 Hal Utama Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Artikel.

* Langsung ke topik. Untuk menciptakan tulisan yang enak dibaca kita harus memiliki beberapa pedoman berikut ini ketika kita sedang menulis.

1. Buatlah judul yang enak dibaca
Sebelum jauh-jauh anda menulis artikel, judul yang anda buat itu sendiri harus menarik dan mampu mengundang orang lain untuk ingin tahu. Anda bisa belajar dengan memperhatikan gaya judul ciptaan wartawan-wartawan di koran. Mereka adalah penulis profesional dan terlatih yang tidak asal-asalan dalam membuat judul. Hanya menggunakan beberapa kata saja judul yang mereka buat mampu membuat pembaca ingin tahu apa isinya.

Anda bisa memulainya dengan membuat judul unik dan bisa mewakili seluruh isi bacaan. Jika anda bisa merangkum seluruh isi bacaan menjadi sebuah kalimat dan menggunakannya sebagai judul postingan, maka dijamin artikel anda akan seo friendly dan menarik perhatian pembaca di mesin pencari.

2. Tulislah artikel yang anda mengerti
Anda jangan menulis sesuatu yang anda sendiri tidak tahu, karena hal itu hanya akan membuat tulisan anda sia-sia. Orang tidak akan mau membaca. Jika ada orang yang terlanjur membaca, mereka hanyalah orang-orang yang terjebak ke blog kita. Bagaimana kita bisa menulis dengan baik jika kita sendiri tidak memahami materi yang kita tulis. Maka, ketahuilah sesuatu lebih dulu, lalu menulislah. Sebagai contoh tentang cara menulis artikel paling mudah bisa anda baca di Cara Menulis Artikel Berkualitas di Blog Paling Mudah.

Atau anda juga bisa memulainya dengan menulis sesuatu dari mulai bangun tidur. Ketika anda bangun pagi dari tidur, anda bisa menulis aktivitas tersebut menjadi sebuat artikel. Misalnya menulis tentang cara merapikan tempat tidur yang baik dan rapi, kemudian menulis cara mandi yang bersih dan sehat, berikutnya lagi menulis cara merias wajah agar cantik atau ganteng, dan sebagainya. Bahkan tentang cara merias wajah saja jika kita kupas semuanya maka akan menjadi ratusan artikel yang bisa memenuhi blog anda. Jika ingin tahu contohnya silakan saja baca-baca majalah wanita atau situs-situs yang bertopik female.

3. Susun alur cerita dengan baik
Kalimat demi kalimat harus kita susun dengan teratur dari awal hingga akhir sesuai alur cerita. Sebagai contoh, anda menceritakan tentang perjalanan wisata anda. Maka pertama kali anda harus menulis tentang persiapan berangkat hingga dalam perjalanan, dan ini disebut pembuka. Selanjutnya anda menulis kalimat setiba di tempat tujuan, dan ini disebut isi cerita. dan terakhir adalah anda menulis perjalanan pulang hingga tiba di rumah, dan ini disebut penutup. Artinya, dalam suatu artikel harus ada 3 hal, yaitu: pembuka, isi dan penutup.

Alur cerita yang tertata rapi dari awal hingga akhir akan membuat pembaca bisa langsung memahami tulisan anda tanpa mengulanginya lagi dari atas. Alur cerita akan terasa mengalir dengan halus dan lembut tanpa terasa. Sudah jelas pembaca akan senang dan puas membaca tulisan anda. Tentunya mereka akan menilai bahwa tulisan anda berkualitas dan menyenangkan.

* Tapi jika tulisan anda tumpang tindih mulai atas hingga bawah, serta rapat sekali dan tidak ada jarak antara masing-masing kalimat, serta tidak ada perbedaan antara masing-masing paragraf, maka pembaca akan silau dan malas membacanya. Sehingga mereka tidak akan menemukan manfaat apapun di blog anda.

Jadi selama menulis gunakanlah ejaan yang baik dan benar, perhatikan kosa kata yang salah tulis, perhatikan panjang kalimat serta lengkapi dengan tanda baca agar pembaca bisa istirahat sementara, dan atur panjang paragraf serta jarak antara masing-masing bait dengan jelas agar mata pembaca tidak silau selama membaca tulisan anda. Hal-hal seperti ini sangatlah penting untuk menyajikan artikel yang sedap dilihat dan enak dibaca. Pembaca akan menikmati membaca dengan asyik tanpa terasa.

( i ) Itu adalah ciri-ciri tulisan karya seorang penulis hebat. Dan semua penulis hebat berawal dari bodoh. Dikarenakan mereka mau belajar maka akhirnya mereka menjadi pintar. Seperti juga dengan kita semua. Anda awalnya tidak tahu sama sekali tentang cara membuat blog, tapi sekarang ternyata anda menjadi seorang pemilik blog. Itu merupakan sebuah contoh bahwa anda adalah orang yang hebat, hanya saja anda tidak menyadarinya. Jika anda mau mengembangkannya lagi tentang cara menulis yang baik di blog, bisa jadi anda merupakan cikal bakal seorang penulis profesional.

^^ Sampai disini dulu sekilas coretan yang bisa saya bagikan buat teman-teman. Tulisan ini tidak boleh terlalu panjang karena akan membuat anda bosan dan kabur. Jadi menulis artikel itu secukupnya saja namun padat berisi. Jika anda ingin melanjutkan pengetahuan tentang cara menulis yang baik, silakan baca Cara Belajar Menulis Artikel Yang Berkualitas di Blog. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.
—————————————————————–
http://www.juragancipir.com/2014/04/cara-menulis-artikel-di-blog-yang-enak-dibaca.html

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->