Menulis Sebuah Keharusan

Menulis Sebuah Keharusan

Menulis adalah suatu kegiatan untuk mencatat atau merekam informasi yang di dapat oleh sang penulis. Kegiatan menulis ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah berlangganan menjadi penulis di media, baik media online maupun media cetak sendiri. Namun menulis adalah kegiatan milik kita bersama, tidak memandang umur maupun jabatan. Menulis merupakan suatu hal yang bersifat dinamis dan fleksibel, bisa digunakan untuk anak muda maupun yang sudah alumni muda.

Kegiatan menulis adalah kegiatan yang sudah secara alami kita miliki, tergantung bagaimana kita bisa mempergunakannya dengan maksimal. Dalam menulis kita hanya membutuhkan IDE dan Alat Tulis saja, tapi tidak semudah itu kita menulis, karena di dalam dunia jurnalistik ada banyak model penulisan mulai dari menulis berita, , esai, makalah, fiksi, non-fiksi, dsb. Hal itu tentunya memiliki ciri khas dan tata cara kepenulisan masing – masing.

Kita tahu menulis tapi kita juga jangan hanya sekedar menulis asal-asalan, kita harus tahu “rule-nya” karena di dalam kita bermasyarakat pun ada aturannya entah itu aturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Menulis juga membutuhkan kerangka dalam menulisnya, yaitu suatu garis besar atau garis pokok dari apa yang akan kita tulis, tidak seperti ketika kita menulis di buku harian yang asal-asalan aja. Tapi menurutku di dalam buku harian itu pun kita punya aturan sendiri-sendiri juga misalnya seperti ketika saya menuliskan sesuatu di catatan harian saya. Saya memulai dengan menceritakan hal yang terjadi pada saya selama satu hari itu. Kemudian saya membaginya dengan menulis sub ceritanya yaitu cerita, kesehatan, dan keuangan. Kebetulan ketika itu saya sedang mondok jadi ya masalah keuangan dan kesehatan pun perlu dicatat juga.

“Menulis bagiku bukan lagi sebuah HOBI namun sebuah KEHARUSAN”

Kata – kata di atas adalah kata yang saya tanamkan dalam mindset pikiran saya, karena menurut saya menulis bukan hanya sebuah hobi lagi bagi masyarakat sekarang terutama kaum – kaum muda. Karena kalau saya perhatikan ketika masih SD pun tak jarang ada yang sudah menulis, pertamanya sih dia menulis di buku diary yang dia miliki, namun kalau potensi ini terus dijaga, mungkin saja anak ini akan menjadi seorang penulis nantinya. Bahkan saya pernah dengar bahwa ada seorang anak kecil yang ternyata sudah dengan gaya tulisannya yang tentunya sesuai dengan anak sebayanya. Sungguh saya yang melihatnya bangga sekali dengan anak itu.

Menulis pun tidak luput dari dunia anak muda yang sudah beranjak dewasa bahkan di negara Indonesia ini sudah banyak melahirkan penulis – penulis yang handal dan profesional. Bahkan penulis pun dijadikannya profesi, karena memang pekerjaan ini mempunyai prospek yang besar ke depan. Menulis adalah menyampaikan sebuah aspirasi maupun inspirasi yang kita dapat. Tidak jarang dari sebuah buku yang ditulis itu ada yang diangkat menjadi sebuah film dan itu merupakan apresiasi tersendiri bagi penulisnya.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk menulis kawan. Kalau kita sudah mulai melakukannya maka lakukanlah terus sampai ide di dunia ini sudah habis. Tetap semangat MENULIS kawan, raihlah ilmu dengan menulis dan raihlah masa depan dengan menulis.
———————————————————-
http://edukasi.kompasiana.com/2012/08/07/menulis-bukan-hanya-sebuah-hobi-tapi-keharusan-484176.html

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->