Professionalisme Jurnalis

Professionalisme Jurnalis

JAKARTA – Perkembangan teknologi turut menggeser tren pendidikan jurnalistik. Banyak kampus kini mengajarkan keterampilan multimedia sebagai bekal mahasiswanya siap menghadapi era jurnalistik online.

Namun bagi Doktor Nguyen An, penguasaan teknologi tidak cukup. Pengajar Ilmu Jurnalistik di Bournemouth University, Inggris, itu menilai, ketika berbicara teknologi, kita tidak hanya bicara tentang alat mencapai tujuan, tetapi juga bagaimana menggunakan alat itu secara efektif. Menurutnya, selain keterampilan, seseorang membutuhkan attitude (perilaku) yang baik untuk menjadi jurnalis yang profesional.

“Ini tentang etika. Prinsip fundamental untuk menjadi jurnalis,” kata An, ketika berkunjung ke kantor redaksi Okezone, belum lama ini.

Secara umum, jurnalis profesional adalah mereka yang mampu menulis dengan baik dan memiliki kompetensi dalam menangani berita. Kemampuan menulis yang baik, kata An, akan menjadi bekal seseorang menjadi jurnalis dalam platform apa pun; entah itu media massa cetak, elektronik maupun online.

“Para jurnalis muda juga harus menguasai teknik dalam menulis menggunakan berbagai perangkat seperti komputer, laptop, telefon seluler atau tablet. Keterampilan ini juga harus dilatih karena penguasaan berbagai gadget untuk menulis ini akan mendukung karier mereka,” tutur An.

An menilai, pengetahuan tentang apa itu jurnalistik dan apa itu jurnalis bukanlah faktor utama dalam menciptakan jurnalis profesional, tetapi attitude. Perilaku yang turut menentukan profesionalitas jurnalis adalah mentalitas sebagai pelayan masyarakat. Artinya, seorang jurnalis bekerja untuk masyarakat umum, bukan hanya melayani kepentingan tertentu.

Pekerjaan sebagai jurnalis, ujar pria kelahiran Vietnam itu, sangat berpengaruh terhadap cara masyarakat berpikir dan bertindak. Dan jurnalis pun harus menggunakan kekuatan tersebut secara hati-hati.

“Jurnalis juga harus mampu melakukan tugasnya dengan benar dan penuh tanggung jawab. Jika tidak, maka peran kita sebagai jurnalis akan sangat berbahaya,” imbuhnya.
——————————
http://news.okezone.com/read/2014/06/23/373/1002761/jadi-jurnalis-profesional-dengan-attitude-baik

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->