Tips Menjadi Penulis Professional

Tips Menjadi Penulis Professional

Anda mungkin pernah membaca tulisan orang yang benar-benar berkualitas dan anda salut dibuatnya. Kemudian anda berpikir rasanya sulit bagi anda untuk bisa seperti mereka. Padahal sebenarnya apa yang anda pikirkan itu juga pernah dialami oleh orang yang pandai menulis tersebut.

Ketika anda menulis, pada saat itu anda sama dengan sedang berbicara. Yang membedakan hanyalah mediumnya saja. Ketika anda sedang berbicara, anda sedang menggunakan medium bahasa lisan atau lidah. Dan ketika anda sedang menulis, anda sedang menggunakan medium bahasa tulis atau susunan huruf.

Namun substansinya sama, yaitu anda menyampaikan sesuatu yang telah anda pahami. Jika anda menulis sesuatu yang belum anda pahami, maka tulisan anda tidak akan sempurna. Hasilnya, pembaca menjadi bingung karena penulisnya sendiri tidak tahu artinya.

Agar anda pandai menulis: pahami dulu, lalu tulis, dan kemudian asah atau biasakan. Maka akhirnya menulis akan menjadi mudah. Sulit hanya berlaku bagi orang yang belum bisa atau tidak bisa.

Berikut ini ada 3 hal yang perlu anda tahu tentang penulis profesional:

1. Menulis yang profesional itu sulit
Menulis merupakan keahlian, dan untuk memiliki keahlian itu perlu belajar. Kita membaca tulisan orang lain itu sama dengan belajar. Dan semakin sering kita membaca maka akan semakin banyak pengetahuan yang kita pahami. Jika sudah paham, maka tulislah apa yang telah anda pahami tersebut.

Namun jika kita hanya membaca saja tanpa diikuti dengan praktek menulis, maka kita hanya akan jadi pintar membaca saja namun tetap kaku dalam menulis. Intinya: baca, pahami dan praktekkan (menulis).

2. Menulis yang profesional itu perlu latihan
Semakin banyak kita menulis itu sama dengan mengasah keahlian dan tentunya akan membuat kita jadi semakin mahir. Satu coretan kalimat yang kita buat akan mempertajam keahlian kita. Namun jika cara menulis kita hanya seperti itu secara terus menerus tanpa kita kembangkan, maka kemampuan menulis kita hanya sebatas itu-itu saja dan tidak akan bertambah. Menulis banyak macam serta ragamnya dan semuanya kita harus menguasai.

3. Menulis yang profesonal itu ternyata mudah
Jika kita terus belajar dan berlatih, tanpa terasa kita akan mahir dalam menulis. Segala macam cara menulis akan menjadi mudah. Tidak ada kata sulit bagi orang yang sudah mahir. Sulit hanya berlaku bagi orang yang belum mahir. Orang yang tidak mau belajar dan tidak mau mengasah keahlian akan tumpul selamanya.

Jika anda sudah mahir dalam menulis, maka anda bisa membuat tulisan berkualitas sambil tertawa. Karena menulis berkualitas bukan menjadi pekerjaan yang berat lagi bagi anda, tetapi menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan.
————————————————————————-
http://www.juragancipir.com/2014/02/bagaimana-cara-bisa-menjadi-penulis-profesional.html

SHARE THIS:

Komentar

Leave a Reply

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->